ngeblog di wordpress

Note : WordPress yang akan dibahas adalah WordPress.com

WordPress

hai selamat malem sahabat bloger madura…, malem ni saya akan bhas tentang word press siapkan diri kalian. Seperti kita ketahui bersama bahwa di Internet fasilitas untuk membuat blog gratis sangat lah banyak dan salah satunya adalah WordPress.com. Saya sendiri mulai menggunakan WordPress pada tahun 2009. Itu bisa dicek dari postingan pertama saya. Sayangnya tahun 2009 menjadi tahun icip-icip saya dengan WordPress.  Tahun 2009 pun saya lewatkan dengan satu postingan saja.

Menginjak tahun 2010 saya pun tidak sempat posting artikel hingga menjelang akhir tahun atau tepatnya bulan November saya melanjutkan usia blog ini dengan beberapa artikel. Tercatat 9 artikel saya luncurkan. Barulah sejak Januari 2011 saya intens posting artikel tiap bulannya, maklum bergairah, hehehehe.

Awal tahun 2011 blog saya ini sempat diujung tanduk. Artinya, bakal tiwas karena diberi peringatan oleh WordPress. Penyebabnya adalah karena saya membuat blog baru dengan akun yang sama dengan tema jualan sepatu. Jujur, blog tersebut hanya untuk sebuah riset saja, tidak saya gunakan untuk tujuan jualan. Setelah kejadian itu saya langsung buru-buru tutup lapak blog baru tadi dan memberitahukannya kepada WordPress. Alhamdulillah, selamat dan sampai sekarang masih eksis. :)

Mengutip dari panduan WordPress yang diluncurkan oleh KalamKata, WordPress memiliki beberapa kelebihan, antara lain:

  • Simple, terutama dalam pembuatan menu navigasi tanpa menggunakan kode-kode java script.
  • Multi Blog, WordPress memungkinkan kita dengan satu akun dapat memiliki blog lebih dari satu.
  • Multi User, fasilitas ini memungkin satu blog dikelola oleh banyak user dengan rule yang berbeda, antara lain: Administrator, Contributor, Author, dan Editor .
  • Comment Friendly,  pengunjung dapat dengan mudah memberikan pesan atau komentar.
  • Read More, merupakan fasilitas untuk meringkas artikel pada halaman depan.
  • Blog Stats, merupakan menu untuk melihat statistik blog
  • Tersedia tools untuk mendeteksi dan block spam berupa Akismet
  • Tersedia banyak tema atau template
  • Multi Language, WordPress didukung banyak bahasa yang dapat disesuaikan setiap saat
  • Up to date, fasilitas-fasilitas baru yang ada akan dikirimkan informasinya melalui email
  • Banyak pilihan Widget dan mudah untuk mengaturnya
  • Terdapat tools Poll untuk membuat Polling baik ada posting artikel ataupun posting halaman (Page)
  • Terdaat menu Feedbacks yang dapat difungsikan sebagai kotak masuk saran dan kritik dari pengunjung.
  • Terdapat fasilitas Import yang memungkinkan kita impor postingan dari blog lain ke WordPress.
  • Dan tentunya masih banyak lagi kelebihan-kelebihan WordPress yang dapat kalian temui nanti jika bergerak ngeblog dengan WordPress

Ada kelebihan tentunya ada kelemahan tetapi di sini saya tidak akan menampilkan kelembahan dari WordPress itu sendiri.

Terereeeeeeeeeeeng di bawah saya sudah list artikel yang bakal saya tulis ke depan. So, tetep di situ dan jangan kemana-mana yah. Tengkyu untuk atensinya.

Tinggalkan komentar